Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Daftar Sayuran Kaya Nutrisi yang Baik Diolah Jadi Minuman Smoothies

Uthari Handayani, Jurnalis · Senin 01 Februari 2021 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 01 620 2354509 daftar-sayuran-kaya-nutrisi-yang-baik-diolah-jadi-minuman-smoothies-GIvEQaE7kR.jpg Minuman smoothies sayuran. (Foto: Sixpackbags)
A A A

TERDAPAT beberapa sayuran yang baik diolah menjadi minuman smoothies. Selain kandungan nutrisinya melimpah, rasa minuman smoothies sayuran ini juga enak.

Umumnya sayuran yang dijadikan minuman smoothies adalah bayam karena mengandung banyak nutrisi. Namun ternyata ada banyak sayuran lain yang memiliki kandungan sama baiknya. Apa saja?

Baca juga: Enak dan Sehatnya Smoothies Mangga, Cocok Dinikmati ketika Santai 

Berikut ini daftar sayuran yang baik diolah menjadi minuman smoothies, seperti dirangkum dari Sixpackfitness, Senin (1/2/2021).

Sayuran. (Foto: Healththoroughfare)

1. Brokoli

Brokoli bisa menjadi penyeimbang rasa pada campuran smoothies buah-buahan manis. Nutrisi yang dimilikinya adalah vitamin A, vitamin C, dan vitamin K.

2. Seledri

Seledri adalah pilihan terbaik untuk dijadikan smoothies karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Misalnya dapat melancarkan pencernaan, menyeimbangkan basa tubuh, dan membantu menenangkan sistem saraf.

Baca juga: Manfaat Sawi untuk Kesehatan, Salah Satunya Tingkatkan Kekebalan Tubuh 

3. Kale

Kale dengan daunnya yang keriting dipenuhi banyak nutrisi penting seperti kalium, zat besi, protein, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, kalsium, dan lainnya. Potong-potong daun ini lalu haluskan untuk dijadikan smoothies.

4. Arugula

Selain sering dijadikan salad, arugula bisa juga dinikmati dengan menjadikannya smoothies. Gantilah sesekali smoothie bayam dengan arugula karena nutrisinya tidak kalah bagus. Di antaranya ada kalsium, serat, protein, dan beta kareoten.

Follow Berita Okezone di Google News

5. Paterseli

Paterseli tidak hanya digunakan untuk garnish. Bisa juga dijadikan smoothies karena bernutrisi dengan kandungan vitamin C, vitamin K, dan antioksidan. Paterseli memiliki aroma menyengat, jadi pastikan tidak menggunakannya dalam jumlah banyak.

Baca juga: Kurang Makan Buah dan Sayuran, Tubuh Bisa Alami 6 Efek Buruk Ini 

6. Bok choy

Jangan hanya menumis sayur satu ini, jadikanlah smoothies. Samarkan rasa pahitnya dengan menambahkan buah-buahan. Satu cangkir bok choy hanya mengandung 9 kalori, dan tinggi protein, serat, vitamin C, dan vitamin K.

7. Swiss chard

Sayur ini memiliki beragam warna pada batangnya. Tekstur daunnya lembut dan sedikit memiliki rasa asin. Cocok untuk digabungkan dengan buah-buahan sebagai penambah rasa. Swiss chard mengandung banyak vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalsium, zat besi, dan lainnya.

Baca juga: Jangan Dikupas, Kulit Buah dan Sayuran Ini Ternyata Bernutrisi 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini