Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sholat Idul Fitri dengan Shaf Berjarak di Gang Perumahan

Agregasi KR Jogja, Jurnalis · Minggu 24 Mei 2020 15:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 24 620 2218958 sholat-idul-fitri-dengan-shaf-berjarak-di-gang-perumahan-zPzbejMiJS.jpg (Foto: Devid P)

SLEMAN – Warga RT 04/RW 01 Perumnas Minomartani Ngaglik Sleman melaksanakan Sholat Idul Fitri 1441 H di salah satu gang (sepanjang Jalan Tawes I) kompleks perumahan, Minggu (24/5/2020). Pelaksanaan ibadah Sholat Id dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Sholat Id dimulai pukul 06.30 WIB dipimpin imam dan khatib Ustad Rusidy dari Rumah Tahfidz Baiturrahman. Shaf telah diatur sedemikian rupa guna menerapkan physical distancing dengan jarak aman antar jamaah selebar 2 meter. Para jamaah diwajibkan memakai masker, membawa sajadah dan tikar masing-masing, serta menjaga kebersihan lingkungan. Usai pelaksanaan ibadah, warga tidak saling bersalam-salaman.

Ketua RT 04 Suwarto mengatakan, penyelenggaraan Sholad Id di gang merupakan inisiatif dari warga. Dia dan pengurus RT kemudian bermusyawarah dan disepakati pelaksanaan Sholat dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. tak kurang diikuti 135 warga.

Ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

“Sholat Id di gang, khusus untuk warga RT 04 saja,” katanya.

Menurut Suwarto, Sholad Id sangat bermakna bagi warga. Selain untuk merayakan Hari Kemenangan usai menjalankan ibadah Ramadhan sebulan penuh, semangat gotong-royong dan kekeluargaan sangat terasa.

Sebelum pelaksanaan sholat, malam harinya warga kerja bakti menyiapkan tempat dan menyemprot disinfektan. Saat hari H sejumlah warga menyajikan minuman dan makanan untuk disantap bersama usai sholat. Sementara warga non-muslim membantu menjaga keamanan kompleks.

"Guyup-rukun, tepa slira, tenggah rasa sangat terasa, itu nikmat tersendiri dan harus disyukuri di hari yang istimewa ini,” pungkasnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini