Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lakukan 5 Hal Ini saat Makan di Restoran Selama Pandemi Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Minggu 05 Juli 2020 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 05 620 2241425 lakukan-5-hal-ini-saat-makan-di-restoran-selama-pandemi-covid-19-vYuqNzdc6t.jpg Patuhi protokol kesehatan saat makan di restoran (Foto : Freepik)
A A A

Selama masa transisi menuju new normal para pengusaha mulai kembali membuka tempat usahanya. Bahkan beberapa usaha yang bergerak di bidang kuliner telah mengizinkan para pengunjungnya untuk makan di tempat (dine-in) di masa pandemi virus corona Covid-19.

Meski demikian, pelonggaran ini bukan berarti konsumen dapat bertindak bebas saat berada di restoran atau rumah makan. Protokol kesehatan harus tetap dijalankan untuk menghindari penyebaran virus Covid-19. Melansir dari Good Housekeeping, berikut tips mencegah penularan Covid-19 saat dine-in di restoran atau rumah makan.

1. Sering-sering mencuci tangan

Menjaga tangan tetap bersih khususnya sebelum menyentuh makanan adalah hal yang penting untuk dilakukan. Jika Anda menggunakan kamar kecil gunakan tissue atau siku untuk membuka atau menutup pintu. Cobalah untuk membersihkan tangan sesering mungkin untuk meminimalkan penyebaran kuman dari restoran menuju barang-barang bawaan saat kembali ke rumah.

Baca Juga : Tips Aman Gowes Sepeda di Masa Pandemi Covid-19

2. Pilih untuk duduk di luar ruangan

Makan di Restoran

Jika Anda memiliki kesempatan untuk duduk di luar maka lakukanlah. Ruang udara terbuka menawarkan udara segar dan mengurangi banyak risiko tertular Covid-19.

3. Kenakan masker dan menjaga jarak

Masker bekerja untuk mencegah seseorang menyebarkan partikel menular ke udara di sekitar Anda. Menjaga jarak yang cukup sambil menunggu untuk mengakses meja dapat mengurangi risiko penularan di dalam restoran.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Hindari menyentuh wajah, mata, hidung, dan mulut

Makan di Restoran

Menyentuh permukaan wajah atau selaput lendir pada tubuh bisa menjadi cara untuk terinfeksi Covid-19. Mengenakan sarung tangan tidak akan menyelamatkan seseorang dari kuman, tetapi akan efektif jika Anda berhenti menyentuh wajah saat makan.

5. Gunakan barang sekali pakai

Menggunakan bumbu dan peralatan sekali pakai dapat membantu mengurangi risiko kontaminasi silang antar pengunjung. Beberapa restoran dapat melayani permintaan makanan yang disajikan dalam kardus atau wadah plastik, yang kurang terbuka dibandingkan peralatan makan dan alat makan pada umumnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini