Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Turki Sumbang 2.800 Hewan Kurban ke Aceh

Windy Phagta, Jurnalis · Minggu 26 Juli 2020 15:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 26 620 2252325 turki-sumbang-2-800-hewan-kurban-ke-aceh-vWp5lXb4wW.jpg ilustrasi kambing kurban (Okezone)
A A A

BANDA ACEH – Masyarakat Turki menyumbangkan 2.800 ekor hewan kurban setara kambing untuk Aceh. Kurban yang dikirim melalui Türkiye Diyanet Vakfı dan Hayrat Yardım tersebut akan dibagikan ke 16 kabupaten dan kota yang ada di Aceh.

Türkiye Diyanet Vakfı adalah yayasan yang didirikan oleh Direktorat Jenderal Agama Islam Turki. Sedangkan Hayrat Yardim salah satu lembaga kemanusiaan yang dipercaya oleh Kementerian Dalam Negeri Turki untuk melayani pengungsi Suriah di dalam Turki dan di dalam Suriah dan memiliki fokus terhadap Indonesia.

Baca juga: Ibadah Kurban Mengandung 3 Hikmah Besar, Ini Rinciannya

Ke 2.800 hewan kurban tersebut akan disebarkan di Aceh melalui lembaga Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Kepala Cabang ACT Aceh Husaini Ismail menuturkan, pada 2019 pihaknya menyalurkan 1.000 lebih kurban dari Turki, dan tahun ini meningkat jadi 2.800 ekor setara kambing.

“Inilah wujud persaudaraan muslim tanpa mengenal batas wilayah,” katanya, Minggu (26/7/2020).

Kurban tersebut akan disalurkan ke 16 kabupaten dan kota, yakni Subulussalam, Aceh Tamiang, Langsa, Aceh Timur, Aceh Utara, Lhokseumawe, Bireuen, Pidie Jaya, Pidie, Aceh Besar, Banda Aceh, Aceh Jaya, Aceh Barat, Aceh Barat Daya, Nagan Raya, dan Aceh Selatan.

Penyaluran hewan kurban melibatkan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) di setiap kabupaten dan kota. “Agar penerima manfaat tepat sasaran, sebelum hewan kurban didistribusikan, kita sudah melakukan asesment ke desa-desa yang layak menerima hewan kurban,” ujarnya.

Perwakilan ACT Turki–Eropa Mohammad Faisol Amrullah menuturkan, masyarakat Turki pada umumnya terus menjaga semangat persatuan dan persaudaraan umat Islam di seluruh dunia.

Di tengah kondisi dunia internasional pada umumnya dan umat Islam khususnya, di tengah krisis dan pandemi, bersatunya umat Islam untuk saling membantu sama lain dalam menghadapi kesulitan, musibah, dan ujian dari Allah akan menjadi solusi terbaik untuk keluar dan melewati rintangan tersebut.

“Semangat ini juga terus membara dalam sepanjang sejarah Turki dan Aceh. Bagaimana Aceh dan Turki Utsmaniyyah bersama-sama berjuang, saling membantu untuk menjaga kedaulatan Islam di tengah serangan penjajah dan memajukan dunia Islam. Makam pasukan Turki Usmani di Aceh yang dikirimkan oleh Sultan Salim II menjadi salah satu buktinya,” ujarnya.

Follow Berita Okezone di Google News

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini