Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Covid-19, JK Sarankan Sholat Idul Adha di Lapangan Terbuka

Binti Mufarida, Jurnalis · Kamis 30 Juli 2020 12:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 30 620 2254397 cegah-covid-19-jk-sarankan-sholat-idul-adha-di-lapangan-terbuka-eHmDP09tp5.jpg ilustrasi: okezone

JAKARTA - Pandemi virus Corona (Covid-19) memaksa seluruh pemeluk agama melaksanakan peribadatan di rumah saja. Hal ini untuk memutus penularan virus tersebut

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI), Jusuf Kalla (JK) mengimbau kepada seluruh umat Muslim, untuk melaksanakan ibadah Sholat Idul Adha di lapangan terbuka.

(Baca juga: Doni Monardo: Semangat Patuh Idul Adha Dibutuhkan Hadapi Pandemi Covid-19)

“Lapangan memang sering dianjurkan, karena Covid itu lebih mudah teratasi di lapangan terbuka dibanding dengan masjid yang tertutup,” kata JK di Media Center Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Graha BNPB, Jakarta, Kamis (30/7/2020).

Namun kata JK, para jamaah yang hadir juga diminta untuk tepat menaati protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

(Baca juga: Jusuf Kalla Minta 800 Ribu Masjid Jalankan Protokol Kesehatan saat Sholat Idul Adha)

“Jaga jarak yang sangat penting, pakai masker dan tentu cuci tangan dengan sabun. Itu semua adalah kemutlakan apabila kita ingin tentu selamat tetap beribadah dengan baik, tetap bertemu dengan teman-teman dan seluruh keluarga kita semuanya,” jelasnya.

Mantan Ketua Umum Partai Golkar ini menambahkan, sebanyak 800 ribu masjid dan mushola akan melaksanakan Sholat Idul Adha.

“800 ribu masjid dan mushola di Indonesia sebagian besar saya katakan ada juga yang tentu karena kondisi tempat untuk Idul Adha. Masjid-masjid itu, maka tentu penuh dengan disiplin untuk mencegah musibah yang lebih besar,” ujarnya.

Menurut JK, Idul Adha besok juga bertepatan dengan hari Jumat. Sehingga, ia meminta kepada pengurus masjid untuk melaksanakan sterilisasi dengan disinfektan.

“Jadi besok akan dilaksanakan ibadah di masjid-masjid dua ibadah seharian yang dilaksanakan di masjid. Idul Adha pagi hari dan siang hari sholat Jumat.”

“Hal itu tentu akan diberikan perhatian bahwa sebelum sholat Idul Adha, masjid-masjid harus dibersihkan disinfektan, disterilkan dengan disinfektan dengan baik. Sebagaimana telah distribusikan oleh Dewan Masjid Indonesia ke banyak masjid Indonesia,” tutup JK.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini