Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pasien Covid-19 Tak Sadar Alami Happy Hypoxia!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 09 September 2020 10:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 09 620 2274822 pasien-covid-19-tak-sadar-alami-happy-hypoxia-kF4ESo6QJN.jpg Sesak napas salah satu gejala happy hypoxia (Foto : Medicaldaily)
A A A

Gejala Covid-19 yang cukup banyak dialami pasien konfirmasi positif adalah sesak napas. Tapi, apakah Anda tahu dari mana gejala itu biasanya muncul?

Jika merujuk pada pemahaman mengenai gejala Happy Hypoxia (HH), maka Anda bisa tahu salah satu penyebab pasien Covid-19 sesak napas adalah kondisi kesehatan yang satu ini. Ya, ketika seseorang mengalami HH, maka gejala yang terjadi adalah sesak napas.

Tapi, pada beberapa kasus, pasien Covid-19 tidak menyadari jika dirinya mengalami HH dan ini yang kemudian membuat kematian tiba-tiba cukup banyak terjadi.

Sesak Napas

"Pasien Covid-19 biasanya mengalami HH, tapi kondisi tersebut tidak bisa imbus ke otak. Ketika diperiksa, terjadi penurunan saturasi oksigen tanpa disadari," papar Dokter Spesialis Paru Primaya Karawang dr Nurhayati, SpP pada Okezone, Rabu (9/9/2020).

Baca Juga : Cinta Laura Bergaya ala Boneka Timur Tengah, Tatapan Matanya Menusuk Kalbu!

Jadi, pada beberapa kasus pasien Covid-19, mereka itu tidak sadar kalau oksigen dalam tubuhnya berkurang. Kalau terus berkurang, gejala yang muncul pun akan sangat parah dan ini berbahaya sekali.

"Oksigen berkurang tanpa disadari tapi kemudian gejala seperti sesak napas sangat berat muncul tanpa ada tanda-tanda sebelumnya. Ini yang ditakuti," tegasnya. Beda dengan orang sehat, ketika dia mengalami HH, maka otak langsung menstimulus untuk napas bergerak lebih cepat dan itu yang menyebabkan seseorang sesak napas.

Follow Berita Okezone di Google News

Kondisi HH sendiri terjadi ketika angka yang keluar dari pemeriksaan menggunakan alat bernama pulse oximeter di bawah 95. Sebab, saturasi oksigen orang sehat itu ada di kisaran 95-100. "Kalau di bawah itu, biasanya akan timbul sesak napas dan itu yang dinamakan kondisi Happy Hypoxia," terang dr Nurhayati.

Sesak Napas

Sementara itu, untuk deteksi dini, cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengecek saturasi oksigen dengan alat yang bernama 'pulse oximeter'. Alat tersebut bisa menjadi acuan mengenali apakah tubuh mengalami penurunan oksigen atau tidak.

"Alat ini menjadi sangat penting untuk pasien orang tanpa gejala (OTG) yang menjalani isolasi mandiri. Sekali lagi, pada banyak kasus, pasien Covid-19 tidak sadar kalau mereka mengalami HH dan dengan pengukuran secara rutin, pasien OTG bisa tahu status oksigen dalam tubuhnya dan bisa meminimalisir risiko yang lebih parah," pungkas dr Nurhayati.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini