Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masker Kain Sutra Ampuh Cegah Covid-19? Ini Kata Dokter

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 22 Oktober 2020 09:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 22 620 2297622 masker-kain-sutra-ampuh-cegah-covid-19-ini-kata-dokter-ca1Vxl2yED.jpg Masker kain sutra (Foto : Nypost)

Peneliti dari University of Cincinnati mengatakan bahwa masker berbahan sutra lebih baik dari katun untuk halau virus corona Covid-19. Hal itu berdasar dari karakteristik bahan sutra itu sendiri yang lembut dan tidak mudah lembap.

"Sifat kain sutra yang lembut dan membuat Anda mudah bernapas, serta tidak mudah lembap mampu memerangi virus yang ada di udara," terang laporan studi itu, disadur New York Post.

Bahkan, dikatakan dalam hasil studinya, kain sutra itu mengandung sifat antimikroba, antibakteri, antivirus alami. Dengan sifat tersebut, masker sutra dikatakan tak jauh berbeda dengan masker medis.

Masker Katun

Nah, membahas soal informasi ini, Dokter Umum dr Alfi Auliya Rachman menjelaskan bahwa bahan apapun bisa dibuat untuk masker, asal menjamin tidak mudahnya virus masuk dan dihirup hidung.

"Patokan acuan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengharuskan masker kain itu minimal 3 lapis," terangnya pada Okezone melalui pesan singkat, Rabu (21/10/2020).

Soal bahan sutra, dr Alfi membenarkan bahwa masker dengan bahan sutra pastinya akan membuat pemakainya nyaman karena teksturnya yang lembut. Tapi, kembali lagi ke syarat masker kain versi WHO, harus tiga lapis.

"Kalau misalkan mau double masker akan lebih bagus jika masker kainnya ternyata hanya satu atau dua lapis. Jadi, sebagai dasarnya masker medis, kemudian ditambahkan masker kain favorit Anda," tambahnya.

Masker

Lebih lanjut, dr Alfi menerangkan bahwa selain harus 3 lapis, masker kain juga setidaknya lulus kriteria 12 indikator masker SNI. Salah satu indikatornya adalah tentang filtrasi bakteri dan partikel.

"WHO mengharuskan masker kain minimal 3 lapis. Tapi, kalau dari pemerintah juga ada kriteria 12 indikator masker SNI yaitu kemampuan masker memfiltrasi bakteri dan partikel itu minimal di atas 60 persen," ungkapnya di sebuah acara virtual.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini