Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Merasa Kesepian? Atasi dengan 3 Cara Jitu Ini Saja

Ahmad Haidir, Jurnalis · Senin 09 Agustus 2021 07:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 09 620 2452845 merasa-kesepian-atasi-dengan-3-cara-jitu-ini-saja-ZtLJlTBSFo.jpg Ilustrasi kesepian. (Foto: Freepik)

SEBAGAI makhluk sosial, manusia tentu tidak dapat dipisahkan dengan individu lainnya. Manusia tidak akan suka kesepaian. Berharap hidupnya senantiasa "ramai" dan dikelilingi orang-orang terdekat.

Namun terkadang dalam hidup ini akan selalu ada masa di mana seseorang merasa kesepian, walaupun sesungguhnya tidak benar-benar sendiri. Hal itu sesungguhnya adalah fenomena yang wajar, tapi seringkali membawa dampak yang kurang baik. Terlebih lagi jika perasaan tersebut berlangsung terus-terusan dan membawa psikis seseorang menjurus ke arah yang lebih serius seperti anxiety dan sebagainya.

Lalu bagaimana jika seseorang benar-benar berada dalam kesepian? Guna mengatasi hal tersebut, ada baiknya simak cara jitu dari psikolog berlisensi asal Amerika Serikat Dr Michael Eason berikut ini, seperti dikutip dari laman Tatlerasia.

Baca juga: Ini Diet yang Tepat untuk Ibu Menyusui 

1. Jujur pada diri sendiri

Salah satu penyebab utama mengapa seseorang sering merasa kesepian adalah karena bisa jadi ia belum benar-benar memahami dirinya atau tidak jujur pada diri sendiri.

Persahabatan yang autentik berkembang seiring dengan meningkatnya pemahaman diri. Ketahui suka dan tidak suka Anda, nilai dan preferensi Anda, lalu carilah individu yang memiliki dasar yang sama. Misalnya jika Anda menikmati kegiatan di luar ruangan dan menyukai kebugaran, Anda mungkin ingin bergabung dengan kelompok yang bertemu secara rutin untuk berolahraga bersama.

Kelompok-kelompok tersebut dapat ditemukan melalui forum daring atau dari mulut ke mulut. Tetapi jika tidak tulus dalam minat Anda, hasrat untuk aktivitas itu akan cepat memudar, yang akan membuat persahabatan yang terjalin sebelumnya ikut memudar. Hal inilah yang kemudian akan menggiring seseorang kepada perasaan selalu merasa kesepian. Maka, jujurlah pada diri sendiri niscaya Anda mungkin akan menemukan titik terang dari permasalahan psikis tersebut.

Baca juga: Menkes: Kado Terindah HUT Ke-76 RI adalah Gotong Royong Atasi Pandemi 

2. Menjadi proaktif

Setelah jujur pada diri sendiri, bukan berarti anda pasrah dan menerima begitu saja. Untuk bisa mendapatkan banyak teman serta hiburan, Anda harus proaktif.

Beberapa orang hanya duduk-duduk merenungkan betapa kesepiannya mereka dan mengharapkan sesuatu berubah secara ajaib. Perubahan membutuhkan proaktif dan langkah progresif. Salah satu yang bisa dilakukan adalah anda aktif mencari orang-orang yang sefrekuensi dengan Anda.

Terkadang ini melibatkan hasrat untuk keluar dari zona nyaman Anda dan mencari sesuatu yang benar-benar baru dari apa yang sudah terjadi selama ini. Namun, perlu diingat: saat mencari pertemanan baru, jangan lupa untuk terus memelihara mereka yang sudah Anda miliki.

3. Menikmati momen sendiri, mengapa tidak?

Kesepian dan kesendirian seringkali dianggap sebagai sesuatu yang negatif, namun sesungguhnya tidaklah demikian. Bahkan sesungguhnya hal itu bisa mengajari kita banyak hal. Melalui waktu berkualitas sendirian dapat memberikan beberapa dampak positif.

Baca juga: Studi: 83% Orang Tidur Mendengkur, Mayoritas Dialami Pria 

Beberapa orang memanfaatkan "kesendirian" dengan mengikuti program televisi atau novel favorit mereka, mandi air hangat atau pijat, atau hanya memanjakan diri mereka sendiri dengan hobi atau minat yang mereka sukai, seperti memasak atau bepergian.

Waktu sendiri juga menawarkan kesempatan luar biasa untuk refleksi diri, dan itu bukan gejala kesepian yang menyedihkan; melainkan ini adalah kesempatan untuk terlibat dalam perawatan diri dan belajar menikmati waktu berkualitas dengan orang yang paling penting dalam hidup yaitu diri Anda sendiri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini