Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Contoh Pola Makan Sehat yang Sudah Mulai Terlupakan

Chindy Aprilia Pratiwi, Jurnalis · Senin 14 Agustus 2023 19:15 WIB
https: img.okezone.com content 2023 08 14 620 2864290 5-contoh-pola-makan-sehat-yang-sudah-mulai-terlupakan-sBrldZRnFL.jpg Pola Makan Sehat. (Foto: Freepik)
A A A

PRINSIP 4 sehat 5 sempurna juga yang saat ini masih sering kali menjadi slogan untuk makanan sehat. Tapi, slogan tersebut kini sudah tidak sesuai lagi dengan realita di era sekarang.

Padahal, mengonsumsi makanan sehat adalah bentuk awal untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Tidak hanya itu, beragam manfaat juga akan dirasakan ketika seseorang mulai untuk mengkonsumsi pola makan sehat.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut contoh pola makan yang sehat dapat berupa:

Batasi konsumsi gula, garam, dan lemak

Setiap masyarakat ada baiknya dapat memperhatikan jumlah kandungan gula, garam, dan lemak yang dikonsumsi per hari nya. Gula tidak lebih dari 50 gram (4 sendok makan), garam tidak melebihi 2000 mg natrium/sodium atau 5 gram (1 sendok teh), dan lemak hanya 67 gram (5 sendok makan minyak).

Hal itu dikarenakan apabila seseorang mengkonsumsi lebih dari batas yang dianjurkan, maka akan berdampak kepada kesehatan tubuh seperti diabetes, stroke, bahkan jantung hingga kanker.

Jadikan ikan sebagai sumber protein utama

Nila Farid Moelek selaku mantan Menteri Kesehatan RI menjelaskan bahwa menanamkan mindset masyarakat untuk menggunakan ikan sebagai protein adalah cara yang baik karena selain Indonesia kaya akan beragam jenis ikan, secara umum protein hewani pada ikan juga tidak jauh berbeda dengan protein hewani lainnya.

Justru, ikan dapat dikatakan lebih menyehatkan karena lemak yang terkandung dalam ikan juga bukan merupakan lemak jenuh. Selain itu, ikan juga mengandung omega 3 yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan protein hewani lainnya seperti daging sapi, dan ayam.

Follow Berita Okezone di Google News

Budayakan minum air putih

Air putih dikenal sangat bagus untuk kesehatan, karena air putih dapat mencegah tubuh dari dehidrasi, menjaga kesehatan sendi dan otot, memelihara kesehatan kulit, menjaga kesehatan pencernaan, dan dapat juga mencegah batu ginjal. Idealnya mengkonsumsi air putih yaitu sedikitnya 8 gelas/ hari atau kurang lebih setara dengan 2 liter/hari.


Perbanyak konsumsi buah/sayur

Buah dan sayur merupakan jenis makanan yang disarankan untuk dapat dikonsumsi setiap hari. Karena buah dan sayur memiliki banyak manfaat selain mencegah sembelit, buah dan sayur juga dapat melindungi tubuh dari diabetes, mencegah obsesitas dan menurunkan tekanan darah.

Budayakan membaca label sebelum memilih pangan kemasan atau siap saji

Dengan mulai membudayakan baca label ketika akan membeli suatu makanan siap saji, kita akan mengetahui kandungan suatu produk yang akan kita makan setiap 1 kali penyajiannya. Selain itu, kita juga dapat mengatur jumlah gula, garam, dan lemak yang akan kita konsumsi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini