Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jamaah Umrah yang Tertunda Kepulangan dari Arab Saudi Tiba di Indonesia

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 10 April 2020 17:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 10 620 2197308 jamaah-umrah-yang-tertunda-kepulangan-dari-arab-saudi-tiba-di-indonesia-CtQpcHdyqJ.jpg Ilustrasi (Okezone)
A A A

JAKARTA - Jamaah umrah asal Indonesia yang sempat tertunda kepulangannya dari Arab Saudi dampak dari pandemi virus corona atau Covid-19, sudah tiba di Tanah Air. Mereka sudah mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Jumat (10/4/2020).

"Penerimaan jemaah umrah dilakukan dinihari tadi. Mereka mulai masuk gate pukul 02.00 dan prosesnya berlangsung sampai 04.30 WIB," kata Kasubdit Pemantauan dan Pengawasan Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama, Noer Aliya Fitra (Nafit) usai menerima kedatangan jamaah di Cengkareng.

Menurut Nafit, setibanya di Bandara Soetta, jamaah menjalani pemeriksaan sesuai protokol kesehatan. Jamaah diperiksa suhu tubuh dan dilakukan proses wawancara. Petugas juga melakukan rapid test secara sampling kepada 18 penumpang yang dinilai berisiko tinggi.

"Alhamdulillah, hasil pemeriksaan dengan pemeriksaan suhu badan dan wawancara, tidak ada jamaah yang terindikasi terinfeksi virus Covid-19," ujarnya dalam keterangan tertulis.

"Rapid test jg dilakukan secara sampling terhadap 18 orang penumpang yang beresiko tinggi juga alhamdulillah semua negatif Covid-19," lanjutnya.

Kasi Identifikasi dan Penanganan Masalah Umrah Ali Machzumi yang juga hadir menambahkan, jemaah umrah Indonesia diterbangkan dengan Saudia Airlines SV 818. Sampai data terakhir, total ada 55 jemaah umrah yang dipulangkan.

Baca juga: 42 Jamaah Umrah Asal RI Tertahan di Saudi Imbas Pandemi Corona

"Seluruh jemaah sudah dijemput oleh pihak Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU). Jemaah yang berasal dari Palembang, Riau, Sumbar, dan Kepri, hari ini juga diterbangkan oleh PPIU menuju ke daerah masing-masing," tutur Ali

"Jamaah juga telah menerima surat rekomendasi lulus pemeriksaan kesehatan. Namun, mereka tetap diminta melakukan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari," pungkasnya.

Selain jamaah umrah, dalam penerbangan tersebut juga ada 34 tim penyedia layanan jemaah haji di Arab Saudi, TKI, serta keluarga WNI di Arab Saudi. Total ada 336 penumpang yang kembali ke Indonesia.

Follow Berita Okezone di Google News

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini