Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bukan Diet Ekstrem, Ini 3 Cara Efektif Hilangkan Lemak Menumpuk di Tubuh

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 02 Maret 2021 10:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 02 620 2370670 bukan-diet-ekstrem-ini-3-cara-efektif-hilangkan-lemak-menumpuk-di-tubuh-iqy2KIQWhC.jpg Ilustrasi hilangkan lemak menumpuk di tubuh. (Foto: Rawpixel/Freepik)
A A A

TERLALU banyak lemak menumpuk di tubuh akan memicu obesitas dan penyakit lainnya. Oleh karena itu, Anda harus menghilangkannya. Bisa dengan olahraga atau diet sehat.

Sebagaimana dilansir laman Healthline, Selasa (2/3/2021), berikut ini tiga cara efektif supaya lemak menumpuk di tubuh bisa banyak berkurang. Tanpa harus melakukan diet ekstrem lho.

Baca juga: Mengenal Cryolipolysis, Metode Instan Hilangkan Lemak Tubuh 

1. Kurangi karbohidrat olahan

Salah satu cara menurunkan berat badan dengan cepat adalah dengan mengurangi gula dan pati atau karbohidrat. Ini bisa dilakukan dengan pola makan rendah karbohidrat atau dengan mengurangi karbohidrat olahan dan menggantinya dengan biji-bijian.

Makanan sehat. (Foto: Schantalao/Freepik)

Ketika melakukan itu, tingkat rasa lapar akan turun dan Anda biasanya makan lebih sedikit kalori. Dengan pola makan rendah karbohidrat, Anda akan memanfaatkan pembakaran lemak yang tersimpan untuk energi, bukan karbohidrat yang nantinya berubah jadi lemak.

Sebuah studi pada 2020 mengonfirmasi bahwa diet karbohidrat yang sangat rendah bermanfaat menurunkan berat badan pada populasi yang lebih tua.

2. Gerakkan tubuh

Menggerakkan tubuh secara rutin dapat membantu mengurangi penumpukan lemak. Misalnya rajin olahraga, sangatlah disarankan demi kesehatan Anda.

Lalu olahraga seperti angkat beban dapat membantu mengurangi berat badan, khususnya lemak yang menumpuk di dalam tubuh.

Baca juga: Ini 5 Makanan Sumber Lemak Baik, Cocok Dikonsumsi Setiap Hari 

Follow Berita Okezone di Google News

3. Konsumsi protein, lemak, dan sayuran

Ketika Anda sedang melakukan diet untuk mengurangi penumpukan di dalam tubuh, diwajibkan mengonsumsi protein, lemak baik, sayuran, serta karbohidrat komplek.

Mengonsumsi makanan berprotein dalam jumlah yang disarankan sangat penting untuk membantu menjaga kesehatan dan massa otot Anda sambil menurunkan berat badan.

Meski Anda sedang diet, maka jangan sampai melewatkan lemak baik. Tubuh Anda tetap membutuhkan lemak yang sehat, apa pun jenis pola makan yang dipilih.

Minyak zaitun dan minyak alpukat adalah pilihan yang bagus untuk dimasukkan ke menu makanan Anda.

Lemak lain seperti mentega dan minyak kelapa harus digunakan hanya dalam jumlah sedang, karena kandungan lemak jenuhnya yang cukup lebih tinggi.

Selain itu, sayuran hijau juga penting dikonsumsi ketika Anda sedang menjalankan diet untuk mengurangi lemak. Kemudian di dalamnya mengandung serat, cocok untuk pencernaan.

Baca juga: 5 Penyebab Mengapa Perut Buncit Tak Kunjung Langsing 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini